Minggu, 01 April 2012

BAGAIMANA MEMASUKI PASAR YANG SUDAH JENUH?

TANYA :  "BAGAIMANA MEMASUKI PASAR YANG SUDAH JENUH?"

Dear Marketers,

Saya minta saran dari teman teman sekalian, bagaimana cara memasuki pasar yang sudah jenuh dengan produk yang kita tawarkan? saat ini pelanggan telah memiliki pelanggan yang stabil sehingga ketika kita menawarkan produk mendapat retensi yang cukup tinggi. Terimakasih atas informasi dan saranya.

Wasalam,
Chandra
(Dikutip dari pertanyaan Pak Chandra di forum diskusi MCers)

JAWAB :

Salam Pak Chandra

Saya setuju kalau saat ini apapun produk kita selama profile produk atau jasa tersebut umum, follower, maka kondisi pasarnya sudah jenuh. Kondisi ini bisa disiasati dengan membuat produk Anda memiliki "NILAI TAMBAH".

Anda belum secara spesifik menyebutkan jenis bisnis Anda, hanya disebutkan Anda mencoba mencuri sedikit kue di pasar yang telah jenuh dan dikuasai pemain yang telah dikenal. Tapi JIKA INI PRODUK secara umum beberapa hal yang bisa Anda "naikan nilai tambahnya" dibandingkan produk lain diluar komponen harga. Misalnya KEMASAN PRODUK bisa gunakan warna, design lebih menarik dibanding produk lain, atau kalau produknya sudah digunakan maka kemasannya bisa tetap digunakan untuk sehari hari. Bahkan dengan menggunakan ICON yang spesifik bisa mewakili target pasar yang dituju dan foto Icon tsb dicetak pada kemasan dan dalam setiap promo tools dan media iklan produk juga bisa membedakan dengan produk kompetitor. Misalnya juga CARA PEMESANAN & PENGIRIMAN. Jika produk lain sejenis harus datang ke toko untuk membeli dan membayar, maka produk Anda bisa juga dilihat di computer, order by phone atau sms, dan bayar jika barang sudah diterima, dengan jaminan dikembalikan 100% jika pemesan tidak puas. ATAU TAMBAHKAN BONUS dalam membeli 1 produk tsb tambahkan bundling produk lain yang in-line dengan fungsi produk tsb. Misalnya secara logika mudah jika beli ember tambahkan dengan kain pelnya, tapi dengan harga paket hemat.. Coba pikirkan dari segi inovasi FITUR,  AFTER SALES SERVICE produk Anda terus dibicarakan di dunia maya krn excellent sehingga menjadi kekuatan words of mouth.. Misalnya kalau di industri motor bisa layanan service motor menginap boleh pinjam motor pengganti free. Tukar tambah motor lama dengan membawa 2 orang pembeli motor baru plus bayar 50% harga normal.

Jika JASA, tentunya komponen SERVICE, SUASANA & INTERIOR outlet, dan KOMUNIKASI 2 ARAH yang melibatkan management dan pelanggan sehingga memberi pengalaman berkesan bagi pelanggan selama ada di outlet Anda, itu juga bisa meningkatkan nilai tambah jasa Anda dibanding kompetitor.

Bagaimanapun kompetisi akan selalu terjadi dalam bisnis produk umum  apapun, sebenarnya persepsi pasar telah jenuh adalah trigger dimana kita harus lebih smart dan inovatif dalam mengelola bisnis tsb, khususnya dalam menciptakan nilai tambah tadi yang membuat produk/jasa kita terlihat "berbeda walaupun sama.". 

Diluar materi produk atau jasa, didepannya awali dengan MARKETING STRATEGIC berupa PROMO HEBOH, maksudnya kampanye marketing yang daya jangkaunya efektif, materi pendekatan komunikasinya unik sehingga akan diingat oleh target pasar dan penawaran promonya sulit ditolak untuk tidak dicoba beli, bukan malah diretensi. Bahkan jika bisa punya budget besar, diawal lakukan promo undian berhadiah misalnya mobil mewah yang tidak berani ditawarkan produk lain sejenis.. Orang Indonesia masih suka dengan hadiah barang bergengsi seperti gadget, elektronik, mobil bahkan rumah. Gunakan tahapan progress AIDA:: Awareness, Interest, Desire, Action to Buy

SEMANGAT SUKSES. (Mirza A. Muthi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar