TANYA : SIFAT DAN KARAKRTER APA YANG AKANG MENGHAMBAT KARIR KITA?
Ada pertanyaan menyangkut sifat
karakter seseorang yang lama lama dia rasakan menghambat karir dan penerimaan
orang dalam hidupnya sejauh ini. Menurutnya dalam hal berbicara dia sering
dikatakan "keras dan tegas" kalau tidak boleh dikatakan
"kasar". Dia baru merasakan dan memikirkan hal tsb karena sudah beberapa
orang memberi kritik, saran dan masukan mengenai hal tsb ketika bertanya kenapa
dia susah naik karir. Dan sekarang dia menghubungi obingmitra.com untuk mencari
masukan tambahan. "Saya
memang orangnya begini, tegas dan kalau bicara seperti keras, tapi sebetulnya
tidak bermaksud kasar atau marah.Inilah saya". Seperti itu yang kadang
disampaikan beberapa orang "keras dan tegas" memberi alasan terhadap
beberapa keberatan orang yang berinteraksi dengannya.
JAWAB :
Memang tidak bisa disalahkan,
beberapa orang terlahir dari daerah dengan budaya dan cara bicara yang
"keras dan tegas", terdengar kasar. Atau beberapa orang memang sudah
ada karakter bicara keras dari latar belakang keluarga, lingkungan selama
belasan tahun. Tapi jika Anda sudah masuk dunia profesional, dimana harus
sering berinteraksi antar manusia yang berinteraksi atas dasar uang, maka tetap
berlaku etika komunikasi umum. Apalagi komunikasi dalam hubungan pelayanan
seperti penjual dengan pembeli, manajemen gedung dengan tenant, marketing dengan
klien.
operator kepada pelanggan, dan
banyak lagi. Tidak bisa misalnya penjual bicara keras kepada pembeli dan
berharap pembeli paham, jangan tersinggung dengan alasan "saya sudah dari
sananya begini". Apalagi jika Anda petugas operator yang hanya bisa
"dikenali" dari suaranya via telepon. Jika Anda bertemu langsung
dengan klien Anda, mungkin kekurangan cara berbicara Anda bisa ditutupi dengan mimik muka dan gestur yang tetap
bersahabat sehinggan klien bisa memaafkan nada dan intonasi suara Anda. Mungkin
ada beberapa pembeli sudah paham dan maklum, tapi pasti lebih banyak juga akan
komplain. Merasa posisinya sebagai pembeli harus dilayani sopan. Etika
berbicara ini juga akan jadi faktor penentu, apakah misalnya bisnis UKM Anda
akan berumur panjang atau tidak.
Etika melayani pembeli. Sesuatu yang
mungkin Anda tidak sadari sebelumnya tapi jadi gangguan berat bagi pelanggan
Anda. Mereka komplain karena merasa tidak dihormati. Sebagai pembeli harusnya
diajak berbicara dengan nada suara bersahabat, pemilihan kata kata yang sopan,
mimik wajah yang bersahabat.
Coba renungkan lagi, mungkin hal
seperti ini yang menyebabkan bisnis Anda kurang berhasil selama ini atau karir
Anda tidak kunjung naik. Perbaiki mindset dan cara komunikasi Anda . Ini hanya
masalah merubah kebiasaan, Tapi kebiasaan yang kurang baik harus dirubah oleh kebiasaan
yang lebih diterima. Biasakan melakukan hal yang benar, bukan membenarkan yang
sudah jadi kebiasaan. Jika Anda sudah membiasakan diri pada hal hal yang lebih
baik, maka karakter bicara Anda bisa juga berubah. Anda hidup dalam dunia
universal, dimana Anda berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai latar
belakang.
Ada nilai nilai etika komunikasi
yang berlaku umum dan universal pada semua golongan masyarakat. Karakter boleh
berbeda, tapi nilai nilai kesopanan dan etika profesional tetap sama. Kejarlah
nilai nilai etika umum tsb agar Anda bisa diterima dunia dan mengejar karir di
dunia profesional. SEMANGAT SUKSES (Mirza A.Muthi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar