Selasa, 01 April 2014

OMSET KONTER CELLULAR MENURUN?

TANYA : OMSET KONTER CELLULAR MENURUN?

Kepada Yth Pak Mirza


Saya ada usaha jual pulsa seluler di komplek. Kompleknya di kawasan perumahan baru. Awalnya bagus, tapi usaha ini gampang sekali diikuti oleh orang lain jadi sejak buka banyak konter jual pulsa di komplek saya maka omzet konter saya juga turun drastis. Apa yang harus saya lakukan?

Andre-Bandung

JAWAB :


Halo Andre yang semangat

Untuk konter pulsa memang gampang sekali dibuka oleh siapa saja. Modalnya relative kecil ,tidak perlu ruang usaha yang luas di gedung besar, penanganannya tidak perlu keahlian khusus, dan sumber barang pulsanya tidak terbatas bisa ambil dari sumber mana saja. Yang penting pulsa dari semua provider harus tersedia supaya orang tidak kapok datang ke konter Andri tapi hanya menjual pulsa dari provider tertentu saja. Lengkapi juga dengan pulsa elektonik yang bisa diorder via telp dari pelanggan pelanggan yang sudah kenal dan loyal agar tidak susah menarik pembayarannya kemudian. Tapi susahnya harga pulsa sudah ditentukan pasar dan pelanggan pulsa sangat peka harga sehingga kalau kita pasang harga lebih mahal sedikit saja dari competitor maka niscaya pelanggan akan pindah ke konter lain. Tidak ada usaha yang bisa kita lakukan untuk usaha pulsa seperti ini karena kalaupun ada marketing program atau promo yang kita lakukan untuk memboost omzet maka skala ekonominya baru akan tercapai jika kita bisa menjual ratusan kali lebih banyak pulsa ke pelanggan. Tapi jika pelanggannya hanya mengharapkan dari penduduk yang tinggal di komplek dan sekitarnya yang sudah disupply oleh beberapa konter pulsa juga , maka akan susah menambah omzet di konter Andre dengan menambah biaya marketing dan promo. Bisa juga metode pesan antar untuk pulsa fisik bisa dilakukan karena jaraknya tidak terlalu jauh. Promosinya paling menyebar kartu nama saja untuk setiap rumah di kawasan perumahan tsb agar lebih mudah konter Andre dihubungi sebelum dia pergi ke konter pulsa lain. Telepon untuk order pulsa , lalu antar dengan sepeda atau motor dan langsung terima pembayaran di tempat.

Salah satu jalan keluar adalah pindah jenis bisnis lain atau tambahkan bisnis jual pulsa dengan bisnis lain yang inline dengan bisnis pulsa di lokasi konter yang sama. Menambah produk “satu lini” di satu konter memungkinkan selama masih dalam kemampuan untuk menangani operasionalnya. Kawan saya punya konter pulsa yang dilengkapi dengan produk handset baru handphone china dan accesoriesnya, juga printing foto digital yang difoto dengan camera handphone dan install download ringtone, background picture juga games HP. Menambah produk berbeda berarti menambah channel income. Pemasukan datang dari pulsa, handset, accessories dan jasa printing foto dan  jasa download fitur HP. Opportunity bisa mendapat income setiap hari juga lebih besar. Memang perlu tambahan modal lagi, tapi coba bayangkan dibanding pelanggan datang ke konter pulsa lain yang hanya menjual pulsa maka jika tahu konter Andre lebih lengkap maka akan lebih memilih datang ke konter pulsa Andri karena mungkin saja selain isi pulsa ada kebutuhan lain yang baru ingat setelah datang dan melihat isi konter. Seringkali “action beli mendadak” ini timbul setelah melihat display produk atau fasilitas di konter. Juga selalu terjadi, pelanggan akan datang ke konter yang lebih ramai dibanding konter yang sepi pengunjung. Bagaimanapun di bisnis apapun innovasi mutlak dibutuhkan. Kita tidak bisa berharap bertahan jangka panjang jika menjalani bisnis yang itu itu saja dengan cara dan produk yang sama  tanpa innovasi berkesinambungan.

Performance konter juga sangat penting. Bukan berarti karena merasa ini hanya usaha kecil maka pelanggan akan maklum jika konter Andri tampil kotor dan lusuh. Sama sekali tidak. Pasang plang merk konter jelas di depan konter. Kalau sudah ada tapi sudah lama dan sudah lusuh segera ganti. Murah cetak logo di media flexi untuk dibentang di depan konter. Segarkan kembali konter dengan suasana display yang rapih tertata, cat warna cerah , lampu konter yang terang, agar tampak lebih fresh , lebih segar dibanding konter lain. Jika perlu pasang audio lagu lagu top local yang sedang digemari dengan volume standard yang tidak bising dan mengganggu. Jika ada dana sediakan TV ukuran 14” cukup sebagai hiburan. Musik juga bisa mempengaruhi mood penjaga konter dan juga pelanggan. Bersihkan daerah sekitar konter dari sampah, rumput alang alang atau saluran air tersumbat yang bau. Bahkan kalau di depan konter jadi tempat anak anak mangkal dan tampak lagaknya rusuh menakutkan calon pelanggan, maka minta mereka menyingkir dari depan konter cari tempat kongkow lain.  Walaupun cuma menjaga konter, tampilah menjaga konter dengan pakaian rapih, bersih, jangan sampai bau badan dan bau mulut, layani dengan sopan dan senyum menyapa setiap pelanggan yang datang. Segelas plastic air mineral tidak terlalu mahal untuk menghargai pelanggan yang datang tapi cukup membawa perbedaan nyata untuk service di konter Andri.

Demikian saran sederhana untuk memajukan bisnis konter pulsa Andri. Mudah mudahan bisa bertahan dan bahkan semakin baik dari waktu ke waktu. 
SEMANGAT SUKSES (Mirza A.Muthi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar