Kamis, 01 Juli 2010

"BISNIS MOTOR SECOND"

TANYA : "BISNIS MOTOR SECOND"

Salam semangat Pak Mirza, saya punya sedikit tempat untuk jual beli motor second. Bukan showroom tapi cuma pekarangan rumah karena saya tidak punya modal cukup. Tapi lokasi rumahnya agak ke dalam dan bukan di jalan raya utama. Sepertinya susah juga mengharap pembeli motor second datang ke lokasi saya. Ada saran pak bagaimana cara yang murah dan efektif buat saya jual motor second?

Salam - Gun

JAWAB:
Pak Gun yang tetap semangat. Jangan kuatir pak, bisnis bapak tidak akan berhenti hanya karena bapak tidak punya showroom yang besar dan berada di lokasi strategis seperti showroom besar lainnya. Kalau bapak tidak punya lokasi strategis, berarti bapak harus punya strategi pemasaran yang efektif. Intinya: Kalau kita ada kelemahan di satu point, maka harus buat kelebihan di dua point lainnya.

Sekarang secara sederhana pakai pola berpikir : KALAU…………………,MAKA………………….
KALAU saya punya kios di perumahan, MAKA tidak semua orang lewat depan rumah saya
KALAU tidak ada orang lewat, MAKA motor saya tidak ada yang tawar
KALAU tidak ada yang tawar, MAKA motor saya tidak ada yang terjual
KALAU tidak ada motor terjual, MAKA saya bisa bangkrut

Sekarang kita pakai pola berpikir : SUPAYA…………………,HARUS………………..
SUPAYA orang tetap beli motor saya, HARUS ada yang kasih tahu lokasi saya
SUPAYA ada yang kasih tahu lokasi saya, HARUS ada orang yang mau bantu saya
SUPAYA ada orang yang mau bantu saya, HARUS ada komisi dari saya
SUPAYA ada komisi dari saya, HARUS jelas diambil dari motor yang terjual
SUPAYA ada motor terjual, HARUS……………………………..?

Bagaimana supaya ada motor saya yang terjual dengan dibantu orang? Yang jelas memindahkan lokasi showroom ke lokasi pinggir jalan raya tidak mungkin karena biaya sewanya mahal.  Maka harus dibantu orang agar mau membantu promosi. Pilihannya:
-  Membantu mencari pembeli di luar
-  Membawa pembeli di luar untuk datang ke showroom
-  Tapi orang tidak ada yang mau kerja gratis, harus dibayar
-  Gaji tidak mungkin karena tidak ada uang, tapi komisi per penjualan pasti bisa

Sekarang bagaimana cara kasih KOMISInya? Biar jelas, tidak dibohongi orang dan ada buktinya? Coba lihat model kartu nama di bawah ini. Jadi sekalian cetak kartu nama bisnis dimana nama dan alamat , no telp bisnis Pak Gun tertera jelas, juga sekalian berfungsi sebagai kartu tanda komisi. Ini dicetak saja seukuran kartu nama biasa, biar mudah untuk dibawa bawa masuk dompet dan saku. Karena ada komisi pasti rekan bapak akan menawarkan secara serius ke calon pembeli motor untuk beli dari Pak Gun
Murah & efektif . Silakan dipraktekkan. SEMANGAT SUKSES (Mirza A.M.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar