Salam pak MirzaSaya bekerja sebagai Marketing Manager. Dalam posisi saya
seringkali harus menjelaskan strategi marketing yang saya ingin jalankan kepada
pimpinan. Tapi selama ini seperti tidak masuk logika antara yang saya jelaskan
dan yang pimpinan saya jawab. Seperti tidak pernah ketemu. Bagaimana mengatasi
masalah ini mohon pencerahan. Terimakasih
Jawab :
Saya hanya bisa menjelaskan diluar masalah konten strategi yang Anda
jelaskan ke pimpinan Anda. Karena tentu saja pengetahuan, materi dan kompetensi
Anda sebagai manager marketing sangat berpengaruh terhadap strategi yang Anda
ajukan. Juga hal lain yang mungkin adalah terkait budget marketing. Mungkin
pimpinan merasa belum waktunya mengeluarkan budget sebesar yang Anda ajukan,
sehingga diharapkan Anda mengajukan taktik terapan alternatif sebagai strategy
marketing. Untuk itu Anda diminta lebih kreatif dan lebih "membumi",
menyesuaikan dengan kondisi financial perusahaan.
Coba pertimbangkan dengan kondisi perusahaan tempat Anda bekerja, apa
mungkin ini jawabannya. Dalam sesi konseling online ini yang paling mungkin
saya bahas adalah skill menjelaskan. Bahwa tidak mudah menjelaskan apa yang kita
inginkan kepada pihak lain. Itu bukan pekerjaan mudah tapi harus Anda lakukan
setiap hari. Jelaskan dengan benar dan cerdas, maka itu akan menentukan posisi
Anda pada lawan bicara Anda. Menyampaikan maksud dan menyamakan persepsi bukan
hal yang sangat mudah. Dalam hidup Anda harus menjelaskan kepada kawan, atasan,
calon mitra, teamwork, bahkan menjelaskan kepada anak, istri, kepada orangtua
Dimana ada ketidak sampaikan maksud, dimana ada ketidaksamaan persepsi, disitu
ada perbedaan nilai pandangan terhadap suatu masalah atau situasi. Maka tugas
Anda menjelaskan agar semua lancar.
Menjelaskan yang baik harus terperinci karena apa, bagaimana, kapan
waktunya akan dijalankan, kenapa harus jalankan cara A dan untuk apa. Jelaskan
juga ada cara B dan C untuk alternatif jika cara A dalam jangka waktu tertentu
dievaluasi kurang efektif. Tidak perlu terlalu panjang lebar yang penting
cerdas dan efektif. Pemilihan kata kata yang tepat, cara bicara yang efektif,
bahkan dari attitude, gestur pada saat Anda menyampaikan, pemilihan kata dan
intonasi nada suara dan ekspresi yang Anda tampilkan akan mempengaruhi hasil
akhir penjelasan Anda.
Tidak ada penjelasan yang tidak butuh waktu dan usaha. Berpikirlah
bahwa Anda ada di posisi lawan bicara Anda agar Anda bisa berpikir
prioritas.Setiap lawan bicara Anda punya karakter dan prioritas khas sendiri dalam
setiap komunikasi. Semakin Anda mengenal karakter lawan bicara Anda akan makin
baik. Pada akhirnya jika Anda bisa mengarahkan bahwa prioritas dan nilai yang
Anda sampaikan satu frekuensi dengan pemikiran lawan bicara Anda, maka itu
deal. Penjelasan yang deal membawa Anda pada kesepakatan strategi marketing yang
disepakati dijalankan, kemitraan, closing penjualan, penyelesaian masalah, yang
dampak positifnya sampai peningkatan karir.
Dalam diskusi Anda juga harus terkesan yakin dan sangat paham dengan
materi diskusi. Maka betul betul Anda harus mempersiapkan pengetahuan dan wawasan
terkait bahan diskusi. Jika perlu bikin scenario tanya jawab agar lebih siap.
Pasti ada pertanyaan dari berbagai kemungkinan scenario di lapangan. Jika Anda
terlalu lama menjawab sebuah pertanyaan, mengesankan Anda sendiri belum
mempelajari secara penuh mengenai berbagai kemungkinan jelek yang mungkin
terjadi. Maka perbaiki wawasan Anda agar seketika Anda bisa berpikir cepat cari
jalan keluar saat terdesak dalam sebuah diskusi. Dan perbaiki skill komunikasi agar
penjelasan Anda sukses. Dalam hal ini jika Anda secara jelas dan jitu menjelaskan
bahwa jikapun perusahaan mengeluarkan Rp.10,- untuk budget marketing, maka
dalam tiga bulan ke depan perusahaan akan mendapatkan omzet Rp. 1000,- dan
profit nett 60%, maka itu pasti bisa membuat pimpinan Anda menyetujui pengajuan
strategi marketing dari Anda.
SEMANGAT
SUKSES (Mirza A.Muthi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar