Senin, 01 Agustus 2016

BERJUANGLAH DEMI KELUARGA

TANYA : Apakah hidup orang dewasa harus seperti itu?

Pak Mirza yang baik

Saya mau lulus kuliah dan sebentar lagi pasti mulai bekerja seperti orang lain umumnya. Saya sudah merasa capek baru melihat bagaimana kakak saya kerja berangkat pagi, pulang larut malam. Macet macet naik motor panas dan hujan. Sabtu kerja dan cuma ada waktu Minggu untuk kumpul dengan keluarganya. Saya bingung apa hidup orang dewasa harus seperti itu? Seperti tidak bisa dinikmati dan kelihatan susah?
Hormat saya,

NK
Bung NK yang baik

Memang begitulah hidup, intinya berjuang dan bertanggung jawab pada diri sendiri. Mungkin selama ini Anda sampai kuliah masih dibiayai oleh orang tua, jadi untuk kebutuhan sehari hari sampai kebutuhan kuliah tidak perlu cari sendiri. Adalah biaya hidup dan biaya kuliah yang ditanggung oleh orang tua sekedar cukup walaupun tidak juga berlebih. Tapi apa untuk selamanya orang tua akan membiayai Anda? Apa orang tua akan bekerja seumur hidupnya until menanggung hidup Anda? Atau apakah orang tua akan sehat dan hidup lebih panjang dari umur Anda?

Itulah mengapa orang disebut manusia dewasa, yaitu pada saat sudah mulai waktunya bertanggung jawab untuk hidupnya sendiri. Pada waktunya pasti juga akan bertanggung jawab pada keluarganya, yaitu anak istrinya. Pasti sebagai anak juga ada kewajiban berbakti pada orang tua. Tentu untuk  menjadi manusia yang bertanggung jawab butuh perjuangan dan mungkin berjuang itulah yang dimaksud Anda sebagai "hidupsusah". Umumnya berjuang tidak ada yang hasilnya langsung instant, langsung berkecukupan, langsung bisa berleha leha dan uang datang sendiri. Semua ada tahapannya dan harus diperjuangkan setahap demi setahap. Seperti Anda lihat bagaimana kakak Anda sedang berjuang keras membangun

hidupnya dan keluarganya. Kesuksesan dan kebahagiaan akan datang pada waktunya. Tapi jika kebahagiaan hanya ditunggu dan tidak diperjuangkan seteguh hati dan sekuat upaya, maka niscaya kebahagiaan itu tidak akan pernah datang sampai  kapanpun Anda menunggu.

Anda harus memiliki motivasi dan tujuan kenapa Anda harusnya berjuang dalam hidup Anda. Kekuatan hati dan perjuangan bisa timbul dari tujuan. Motif tujuan bisa makin kuat jika ada tujuan demi seseorang yang kita sayang. Jadikan rasa saying dan mencintai tsb sebagai alasan untuk berjuang dalam hidupmu. Jika Anda memiliki orang tua yang sudah sepuh, berjuanglah jaga kesehatannya, agar bisa membelikan makanan sehat, vitamin dan bersiap uang jika harus kontrol ke dokter.

Untuk istri tercinta, Anda rela bekerja pergi pagi pulang malam dan berhemat agar sabtu dan minggu bisa makan bersama di luar rumah dalam suasana lebih berkualitas. Bisa ajak istri dinner berdua di resto yang cukup baik dan belanja kebutuhan rumah tangga bersama. Membangun keluarga muda yang penuh harapan.  Apalagi bagi Anda yang memiliki anak anak yang lucu. Membuat Anda segan jauh jauh dari mereka dan ingin selalu dekat melihat langsung perkembangan mereka.Tapi jika Anda tidak memberikan waktu Anda untuk  berjuang di luar rumah, maka Anda juga bisa berusaha di rumah dengan cara yang tepat. Entah itu dengan cara berdagang on line atau membuka kantor jasa atau lainnya. Banyak cara untuk menghasilkan uang yang penting caranya cerdas dan tepat.

Berjuanglah sekuat tenaga dan dapatkan hasil sebaik mungkin demi pendidikan, kesehatan dan menjamin masa depan anak anak Anda. Anda akan rela bersusah payah kerja, tetap tersenyum walaupun sedang lelah, membelikan anak Anda es krim walaupun uang terbatas. Anak anak Anda pastinya harus dapatkan segalanya jauh lebih baik daripada apa yang pernah Anda dapatkan. Mereka permata hati dan tujuan perjuangan Anda.

Pada akhirnya dengan berjuang sekuat tenaga demi keluarga, walaupun memang Anda sangat ikhlas maka itu jadi sumber kebahagiaan hidup Anda. Atau dalam situasi yang sedang sangat urgent Anda mendapatkan biaya, misal untuk persiapan anak masuk sekolah yang setahun lagi, jangan berleha leha terus.


Bisa juga persiapan untuk istri melahirkan, memberi asupangizi tinggi selama istri mengandung calon buah hati kebanggaan Anda berdua. Bahkan dalam keadaan Anda harus membiayai orangtua Anda yang mulai menua dan sering sakit sakitan. Berbaktilah di masa tua dan sisa umur beliau. Jikapun itu memang butuhkan perjuangan berat dan pengorbanan waktu, biaya, kerja keras, pemikiran  Anda, maka itu setimpal sebagai ibadah Anda. Buah manisnya akan sangat Anda rasakan jika tujuan yang Anda tuju telah tercapai. Melihat senyum dan rasa syukur orang orang yang Anda cintai. Carilah motivasi paling kuat agar Anda rela berjuang. Jadikan keluarga Anda sebagai motivasi terkuat perjuangan hidup Anda sehari harinya. 
SEMANGAT SUKSES (Mirza A.Muthi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar