Sabtu, 01 September 2018

CSR YANG TEPAT


Pak Mirza, saya dari PR sebuah perusahaan ritel  consumers good, ingin bertanya kira kira apa program CSR yang tepat bagi perusahaan? 

Corporate Social Responsibility yang baik dan berdampak ganda bagi perusahaan bisa ditempatkan sebagai partisipasi perusahaan bagi program yang memberi  manfaat jangka panjang yang dirasakan bisa masyarakat luas atau segmen masyarakat tertentu yang memang jadi target program CSR. Jadi bukan semata mata hanya kasih amplop bantuan dana tunai ke kelompok orang tertentu, misal yayasan anak asuh yatim atau panti jompo tertentu, lalu CSR sudah selesai dilakukan. Hal seperti itu juga sudah bagus, hanya jika perusahaan bisa melakukan CSR yang bisa lebih berdampak lagi, kenapa tidak?

Untuk perusahaan ritel consumer goods seperti produk produk yang dipakai atau dikonsumsi sehari hari, bentuk CSR bisa berupa bantuan tunai atau justru menggunakan barter produk yang dibeli konsumen dengan donasi sekian persen dari harga jual produk. Misalnya 3% dari setiap kaleng susu yang terjual akan didonasikan untuk pembangunan rumah panti asuhan anak yatim, atau jenis kontribusi seperti itu untuk jenis produk lainnya. Jika program ini bisa diaware ke konsumen dengan baik, diberi latar belakang cerita hikmah dibelakangnya, manfaat yang akan diterima anak anak yatim dan pahala dibelakangnya, di marcomm dengan cerdas dan menarik, maka pembeli bisa benar benar diarahkan untuk akhirnya memiliki motivasi membeli produk tsb karena untuk ikut berpartisipasi dalam program amal tsb, bahkan bisa jadi membeli susu bukan karena memang butuh susunya untuk dikonsumsi. Karena pada dasarnya setiap manusia mencari jalan untuk berbuat baik dan bisa ikut bermanfaat bagi manusia lain.

Kadang kadang CSR tidak harus selalu terkait langsung dengan jenis produk yang diproduksi dan dijual. Bisa saja semacam pelayanan kepentingan publik yang sangat dibutuhkan karena sebelumnya kurang terpenuhi secara baik. Misalnya program guru sukarela. Perusahaan menginisiasi dan membiayai dalam membentuk komunitas anak muda pengajar sukarela untuk anak anak tidak mampu sekolah. Silakan branding nama perusahaan Anda misal di dinding sekolah sosial ini atau diliput oleh media massa  sehingga masyarakat tahu siapa yang menyelenggarakan niat baik ini. Sekali lagi, kunci keberhasilan CSR yang berdampak pada citra produk bahkan peningkatan sales karena ada rasa simpati adalah di marcomm dan bagaimana CSR tsb dikemas. Jika masyarakat cukup mendapat pesan yang kuat dan setuju bahwa program CSR ini akan banyak memberi manfaat, maka masyarakat tidak akan merasa ragu untuk ikut serta mendukung melalui program CSR perusahaan Anda. Nama baik dapat, citra makin baik plus sales makin meningkat, masih ditambah mudah mudahan seluruh Direksi dan jajaran perusahaan mendapatkan pahala yang banyak.
SEMANGAT SUKSES (Mirza A.Muthi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar