Senin, 02 Maret 2020

Langkah Awal Menghadapi Masalah Kejatuhan


Setiap kita, walaupun bagaimana berjayanya, suatu saat nanti mungkin saja akan sampai pada masalah. Masalah berat yang bisa saja membalik keadaan secara drastis, dari segala punya menjadi tidak punya apa apa lagi. Dari terhormat dan disanjung, jadi bukan siapa siapa lagi. Dari yang paling dicintai, bisa jadi yang terbuang. Dari paling banyak teman, jadi yang paling ditinggalkan. dsb..Yang harus selalu diingat, itulah realita kehidupan. Walaupun kita sudah berusaha keras menjaga kondisi kemapanan kita, tapi tetap saja kita bisa sampai juga pada situasi kurang menyenangkan tsb. Jangan lupa, ada Alloh SWT yang berkuasa penuh mengatur takdir hidup Anda. 

Saat Anda mengalami kejatuhan yang perlu Anda lakukan adalah cooling down, tenangkan diri Anda dulu. Jangan ambil keputusan apapun pada saat Anda sedang bersedih atau sedang terlalu gembira, karena biasanya keputusan yang akan keluar tidak betul betul dipikirkan dengan akal sehat. Ambil waktu beberapa hari ini untuk merenung dan introspeksi diri. Apakah ada kesalahan yang dilakukan sehingga kejadian ini bisa dianggap sebagai karma atau hukuman dari Alloh SWT. Atau sekiranya Anda merasa selalu berjalan di arah kebaikan, bahkan bertujuan membantu orang lain tapi juga mendapati situasi jatuh seperti ini, jangan buru buru menyalahkan Alloh SWT tidak adil terhadap Anda. Mungkin saja Anda sedang diuji untuk naik kelas lebih tinggi, dipersiapkan mental dan keimanan untuk diberi amanah yang lebih tinggi lagi..Anda orang terpilih untuk menjalankan misi penting di dunia dalam rangka hubungan antar manusia. Yakinkan bahwa apa yang Anda pernah dapat atau apapun yang sekarang hilang lenyap itu hanya barang barang titipan, bukan milik Anda. Jadi jangan terlalu risau dengan apa yang terjadi di dunia ini. 

Tentu saja setelah Anda tenang, damai dalam hati dan bisa berpikir jernih lagi, maka Anda harus berpikir bagaimana menata kehidupan selanjutnya. Mulai dari menetapkan tujuan hidup yang baru, menyusun langkah langkah baru walaupun berupa langkah kecil dibanding langkah langkah besar yang Anda sering lakukan dulu disaat jaya. Lihatlah siapa orang orang, kawan, saudara, relasi yang masih bersedia Anda mintakan kerjasamanya. Jika dulu Anda orang yang sering membantu dan peduli pada sesama, insha Alloh ada saja orang yang masih percaya pada Anda dan bersedia membantu Anda walaupun sedang di masa susah. Seringkali jalan keluar dari masalah datang dari relasi atau kawan yang pernah kita tolong dahulu. Justru kawan yang datang pada saat kita sedang susah, itulah kawan sejati. Maka pelajaran saat ini, jika nanti Anda bisa jaya lagi maka balaslah budi baik kawan sejati dan jangan pernah pelit untuk berbagi juga selalu peduli empati pada orang lain. Karena menanam kebaikan itu insha Alloh akan bisa Anda panen pada saat Anda membutuhkan.

Anda masih punya asset yang bisa dicairkan? Akan lebih baik jadikan dana segar dibanding meminjam uang dari bank. Jual dulu asset asset Anda dan putar dananya dalam usaha. Rumah besar Anda ganti dengan yang lebih simple. Mobil gaya hidup Anda ganti yang lebuh efesien. Jika Anda masih punya cukup uang, pelajarilah beberapa penawaran investasi. Misal Anda bisa menanamkan sebagian dana tsb ke dalam investasi tsb agar setiap bulan Anda bisa mendapat transfer bagi hasilnya. Agar sementara uang tsb bisa menghidupi Anda secukupnya, sementara Anda bisa tenang fokus dari dana yang masih Anda punya untuk  mengusahakan hal baru untuk mata pencaharian utama Anda

Jual beli adalah cara instant untuk mencari penghasilan. Beli produk seharga Rp. X lalu jual dengan harga Rp. X +50 . Jika Anda berhasil menjual 50 produk maka profit Anda sudah mencapai 2500. Tinggal pikirkan darimana Anda bisa mendapatkan produk dengan harga paling hemat, cost efesien dan jual ke peminat yang paling berani membeli produk Anda dengan harga paling baik. Semakin produk Anda spesifik maka Anda lbh fokus mencari pelanggan yang lebih tepat, karena tidak semua orang butuh. Tapi produk spesifik ini biasanya bisa dijual dengan harga lebih mahal. Jika Anda menjual barang yang lebih umum dan dimana mana ada, mungkin Anda harus berpikir bagaimana memberi penawaran yang lebih menarik agar produk Anda yang lebih dipilih. Walaupun harga lebih murah, keuntungan lebih sedikit, tapi jika Anda berhasil menjual banyak maka profitnya juga akan bagus. Akan banyak pelanggan loyal yang akan Anda miliki.

Jika Anda terbentur dengan keterbatasan dana, maka bisa Anda mulai dulu dengan melamar pekerjaan. Jangan malu bekerja lagi meskipun dulunya Anda bekas pemilik perusahaan. Ini hanya langkah awal untuk Anda mulai menata hidup profesional Anda. Jika usia Anda sudah terlalu matang dan kiranya susah untuk diterima kerja di kantoran, maka bekerja dengan membuka usaha  sendiri bisa jadi pemikiran jalan keluar tercepat. Jangan pikirkan usaha yang investasi puluhan ratusan milyar, tapi cukup dengan persediaan uang yang Anda masih punya saat ini. Hindari banyak berhutang untuk memulai usaha, karena usaha Andapun belum tentu berhasil. Anda harus berusaha dalam posisi aman agar hidup Anda tetap nyaman, tidak dikejar kejar penagih hutang. Atau kalaupun berhutang ambil dari kalangan keluarga yang tidak terlalu ketat dalam hal bunga berbunga, tenggang waktu, dll yang menjerat. 

Jika Anda punya skill spesifik yang khusus, Anda bisa gunakan skill ini untuk menghasilkan uang. Misal skill memotret bisa mendorong Anda untuk mulai menjual jasa foto atau menjual hasil hasil karya foto Anda. Skill memasak roti, maka Anda bisa mulai membuat dan menjual roti made in Anda sendiri mulai dari tetangga , kawan anak, kawan suami atau istri, saudara sampai di tempat tempat komersian lain. Bahkan saat ini lebih mudah lagi menjual dengan addopt layanan penjualan online. Jual beli adalah cara instant mendapakan uang.

Perluas wawasan informasi usaha Anda dengan memberi waktu misal seminggu untuk menjelajahi informasi via internet dan google untuk mencari opsi dan referensi yang mungkin bermanfaat dan tepat bagi Anda. Salin dalam agenda Anda dan pelajari lebih dalam dan detil untuk 1-3 opsi yang paling menarik bagi Anda.  Ingat..usaha tidak harus apa yang Anda suka juga.  Yang penting adalah apa ada prospeknya. Anda bisa kolaborasi dengan beberapa kawan yang punya skill khusus untuk sama sama memulai usaha baru. Yang penting Anda dan kawan Anda bisa bekerja sama sesuai kapasitas dan bidang keahlian masing masing. Jangan takut untuk pindah bidang pekerjaan. 

Semua hal bisa dipelajari dengan dilaksanakan. Learning by Doing. Mulai dari yang kecil dulu, tapi jalani dengan sabar dan tekun juga berhemat. Pelajari setiap detil langkah dan kebutuhan bisnisnya.  Pasti untuk kearah jadi lebih besar seperti dulu akan lebih mudah jika sudah berani memulai lagi. Akan lebih mudah bagi Anda karena dulu Anda bekas pebisnis. Logika bisnisnya akan lebih mudah bagi Anda dibanding jika yang memulai masih pemula atau awan terhadap bisnis. Belajar bersama dengan mitra kolaborasi bisa jadi akan lebih cepat dan aman. Ada teman diskusi , setap investasi dan kerugian bisa dibagi bersama. Untuk usaha skala kecil menengah, jangan kolaborasi dengan terlalu banyak mitra. Cukup 1-2 orang saja dalam satu bidang usaha, agar tidak terlalu banyak masukan yang tidak perlu dan membuat visi misi dan pengambilan keputusan menjadi bias.

Jika perlu usaha kecil rumahan dulu untuk awal jalani dulu. Tidak usah berpikir terlalu birokratif dengan fokus pada pendirian PT atau CV, struktur organisasi, dll hal formil legal. Jalani dulu ala UKM style, pelajari dulu flow kerjanya dan cashflownya. Cari kelemahan kekurangan yang masih Anda dan mitra miliki, perbaiki satu persatu, selalu minta pendapat dr kastemer Anda mengenai apa yang mereka rasa dari produk dan pelayanan Anda, dan jadikan bahan untuk Anda meramu resep SOP usaha Anda dan mitra. Jika dalam berjalannya waktu, usaha sudah semakin besar dan Anda merasa yakin mantap untuk melangkah lebih jauh dan lebih besar, baru Anda silakan melanjutkan ke aspek legalitas badan usaha resminya.

Intinya, masih ada kehidupan yang cerah dan masa depan cerah setelah kejatuhan. Jadikan kesuksesan dan kejatuhan sebagai sesuai yang wajar, itulah kenyataan hidup dan tidak perlu panik atau histeris. Selama kita masih bernafas, selama kita masih ada semangat dan selama kita masih mau menggunakan otak kita untuk berpikir, dengan hati yang bersih, maka dengan ridho Alloh SWT, masa masa sulit pasti akan berlalu. Keraskan hatimu, bulatkan tekadmu dan semangati perjuanganmu..Aku adalah Aku. Aku adalah panglima perang perjuangan hidupku sendiri. Aku tidak akan perduli. Aku akan hidup seribu tahun lagi.

SEMANGAT SUKSES 
( Mirza A.Muthi )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar